16 Maret 2011

Optimasi Situs Dengan Google Webmaster

Sebelumnya saya pernah mengisyaratkan tentang pentingnya penerapan Tips SEO Terbaik Cara Optimasi Halaman Aktif  dan sekarang saya akan melanjutkan dengan pembahasan webmaster dengan judul Optimasi Situs Dengan Google Webmaster, yaitu dimaksudkan untuk menilai link situs dan mengelola sekaligus optimasi yang bisa lakukan dengan jalan yang patut kita coba. SEO untuk arsitektur website dan berapa banyak website yang terlalu tergantung pada homepage untuk peringkat, tapi bagaimana dengan intelijen yang dapat kita terapkan pada level granular, oleh karena itu penggunaan GoogleWebmaster Tools sangat penting untuk  optimasi situs kita agar lebih baik lagi untuk kedepannya.

Sebenarnya banyak webmaster lainnya seperti Yahoo atau Bing, namun kali ini saya akan membahas dengan menggunakan Google Webmaster Tools, Keuntugan dari Google Webmaster Tools adalah membebaskan alat yang ditawarkan oleh Google, menyediakan webmaster dengan semua alat yang kita butuhkan juga mengoptimasikan website untuk mesin pencari, kita dapat mengetahui laporan kesalahan yang ditemui di situs kita, dan membantu dalam pemasaran situs web myang kita kelola.

Cara Memulai untuk Menggunakan Google Web Master Tols

Hal pertama yang Anda butuhkan untuk memulai adalah sebuah account dengan Google. Jika Anda memiliki account Gmail maka Anda sudah memiliki account. Jika tidak, Anda hanya dapat mendaftar untuk Account Google di situs Web saja. Jika kita memiliki account maka dapat log in langsung ke situs Webmaster dan mulai untuk mengkonfigurasi sebuah website untuk melacak.
Google dapat menampilkan informasi pelacakan, Anda perlu memverifikasi kepemilikan situs tersebut. Ada wizard di situsWebmaster Tools yang menuntun Anda melalui proses memverifikasi kepemilikan. Diantara beberapa metode verifikasi yang berbeda, salah satu cara sederhana adalah untuk men-download file HTML sederhana dan kemudian meng-upload ini kedirektori root untuk situs web Anda. Ini akan memiliki nama file unik yang terlihat. Gunakan sebuah klien FTP seperti FileZilla untuk meng-upload file kecil ini ke server Anda dan verifikasi Anda selesai. Ini mungkin memakan waktu selama 24 jam sebelum Anda melihat informasi pelacakan muncul di Webmaster Tools atau juga bisa menggunakan meta tage jika meungkinkan untuk kemudahan kita.

Search Query

Halaman ini berisi daftar permintaan pencarian yang sebenarnya berjalan di mesin pencari Google di mana situs Anda muncul dalam hasil. Laporan ini penting akan memberitahu Anda berapa kali hasil yang ditampilkan untuk query (tayangan) serta berapa kali pengguna mengklik pada hasil Anda (through klik).

Ini benar-benar pemasaran mesin pencari organik, memiliki kualitas konten unik dan bagus di situs akan menarik banyak pengunjung dan backlink. Yang lebih lagi adalah mendapatkan backlink ke halaman Anda, dan semakin tinggi untuk peringkat halaman. Dan ketika halaman peringkat yang lebih tinggi, tampak lebih dekat bagian atas hasil pencarian untuk istilah relevan yang terdapat pada halaman situs kita.

Link ke Halaman Situs

Laporan ini menunjukkan semua backlink ke website kita. Ini adalah link balik ke situs Anda menurut Google. Setiap search engine menggunakan algoritma yang berbeda untuk menentukan berapa banyak backlink ke situs Anda. Google terkenal untuk menolak sejumlah besar backlink jika mereka merasa bahwa link tersebut dibayar atau diperdagangkan hanya untuk tujuan meningkatkan peringkat halaman.

Kata kunci

Laporan kata kunci yang benar-benar memberikan wawasan webmaster tajam ke jalan bahwa Google memandang situs web Anda. Ini akan memberitahu Anda kata kunci yang mendominasi semua halaman konten di website Anda. Selain itu, Anda dapat melihat laporan rinci yang memberitahu anda pada halaman isi yang memiliki peringkat terkuat untuk setiap kata kunci. Untuk setiap halaman akan melihat berapa kali kata kunci tersebut terjadi pada setiap halaman.

Link Internal
Link Internal memberikan ringkasan tentang bagaimana halaman terkait internal. Link Internal adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam website yang sama. Google menggunakan jenis link untuk menentukan kepentingan relatif dari halaman dalam sebuah situs. Link jenis ini tidak dapat digunakan untuk meningkatkan page rank halaman web, hanya untuk menunjukkan betapa pentingnya nilai-nilai webmaster  yang relatif ke halaman lain.

Malware

Kadang-kadang, sebuah website adanya hacked oleh individu jahat, sehingga tanggung jawab Anda sebagai seorang webmaster untuk memastikan bahwa hacker dihentikan, atau setidaknya, setiap malware ditempatkan di situs Anda dihapus dengan cepat. Laporan Malware akan menampilkan daftar halaman dengan malware dan itu kemungkinan yang terjadi. Anda harus memeriksa laporan ini secara teratur untuk memastikan bahwa website Anda bersih.

Kesalahan Crawl
Crawl menampilkan laporan kesalahan kesalahan pada laba-laba Google yang dihadapi ketika mencoba untuk membaca halaman web di situs Anda. Halaman ini penting untuk mengidentifikasi kesalahan di situs Anda. Kadang-kadang, kesalahan pada halaman ini akan sesederhana pada masalah timeout berarti halaman mengambil terlalu lama untuk load. Jika Anda melihat Kesalahan pada Server

Crawl Stats
Crawl Statistik laporan memberikan anda beberapa grafik yang berguna menunjukkan kepada Anda bagaimana laba-laba Google sering mengunjungi situs Anda. Untuk situs populer, laba-laba akan mengunjungi setiap hari. Google memiliki spider pencarian yang sangat kuat yang tidak memiliki masalah mengunjungi ratusan juta situs setiap hari. Anda dapat menggabungkan sitemap ke situs untuk menunjukkan kepada laba-laba Google bagaimana konten di situs Anda harus diindeks.

HTML Saran

HTML Saran laporan berisi daftar isu-isu yang dapat mempengaruhi peringkat mesin pencari Anda. Webmaster harus memperhatikan laporan ini dengan baik, karena semua informasi di sini secara khusus dirancang untuk membantu meningkatkan peringkat situs Anda lebih baik. Hal ini tidak hanya akan membantu mesin pencari Anda pada peringkat dengan Google, namun dengan semua mesin pencari yang lainnya juga.

Ini menyediakan informasi seperti "duplikat meta deskripsi" dan"Short Meta Description". Webmaster juga harus memanfaatkanValidasi W3C Service yang akan memeriksa HTML dan CSS untuk markup non-standar atau kesalahan yang mungkin menyebabkan masalah dengan mesin pencari. Spider pencari seperti markup yang bersih dan standar untuk well-formed.

Peta Situs

Sitemap adalah file XML yang berisi URL semua konten pada situs Web yang harus dijelajahi dan diindeks oleh mesin pencari. Mereka tidak hanya daftarkan semua URL yang mungkin bisa tersedia untuk diindeks, tetapi mereka juga mencakup informasi seperti ketika file terakhir dimodifikasi, seberapa sering Anda mengharapkan halaman web harus diubah dan menjadi prioritas yang menunjukkan pentingnya halaman diseluruh situs.

Webmaster Tools akan memberitahu Anda berapa banyak dari URL dan dari Peta Situs telah diajukan dan juga berapa banyak yang telah dimasukkan dalam indeks (Google mesin pencari). Jika ada kesalahan dengan peta situs, ini akan ditampilkan juga.

Crawler Akses

Menggunakan fungsi akses crawler, Anda dapat melihat dan menguji file robots.txt (yang tidak termasuk isi tertentu dari mesin pencari). Ada juga alat untuk menghasilkan file robots.txt baru yang menggunakan aturan pengecualian yang ditetapkan pengguna. Alat lain yang penting adalah fitur hapus URL yang memungkinkan webmaster untuk meminta halaman dipindahkan secara paksa dari mesin pencari Google.

Sitelinks

Jika situs Anda dianggap cukup layak, Google akan menghasilkan link situs di bawah hasil pencarian, ini adalah link kesub-wilayah di situs Anda yang sangat populer dengan pengguna. Karena link yang secara otomatis, maka tidak dapat menentukan link situs dengan sendirinya, tetapi kita dapat meminta agar link situs dihapus jika Google menggunakan algoritma keliru memilih sub-wilayah yang tidak ingin ditampilkan kepada pengguna di hasil pencarian.

Kesimpulan dari semua pembahasan yang saya jelaskan

Bila menggunakan Google Webmaster Tools, pastikan untuk membaca dokumentasi bantuan dengan hati-hati. Ini akan memberi kita banyak informasi yang lebih rinci tentang cara mengoptimasikan situs untuk kedua search engine dan pengunjung. Ada banyak informasi yang sangat penting untuk pemahaman tentang menjalankan website dan yang lebih penting adalah mempromosikan situs atatu bisnis Anda hehe mantap kan. Oke sampai disini penjelasan Optimasi Situs Dengan Google Webmaster, semoga bermanfaat untuk semua pembaca.

49 komentar:

Unknown mengatakan...

Link untuk menuju ke webmaster kemana ini mas
Pengin mencoba juga gitu

Cygnus mengatakan...

... thanks sobat, penjelasannya cukup lengkap.
saya jarang ke sana, sekarang mau dioptimasi webmasternya.

Johnson Manurung mengatakan...

optimasi yang sangat bermanfaat sekali, makasih Pak penjelasannya detail, salam.

Anonim mengatakan...

sangat detil , makasih uda share ...

Anonim mengatakan...

Detail sekali, ai like iet

amcied mengatakan...

asik komplit bngt ni... thank's bngt ilmu'y bang, sangat bermanfaat..
salam "amcied Optimasi" :)

Dunia Optimasi mengatakan...

Desktop Komputer, webmaster google Mbak, karena webmaster google banyak digunakan oleh kalangan situs profesional, yangmemungkinkan pencarian google lebih relefan dibanding mesin pencari lainnya, semua itu dikarenakan juga banyak pengunjung online mencari data atau lainnya lewat mesin pencari di google. oke terimakasih ya, salam sahabat.

Dunia Optimasi mengatakan...

Cygnus, silahkan dicoba Bos, karena selain itu bila kita selalu optimasi situs dengan webmaster google dan situs kita dipercaya dan baik kontennya, kita akan mendapatkan bonus dari tim adwords berupa kupon berupa kode yang bisa kita manfaatkan jika kita memiliki bisnis atau iklan. terimakasih sobat.

Dunia Optimasi mengatakan...

Anak Rantau, teriakasih ya kunjungannya dan sudah au embaca artikel sederhana saya, salam sahabat.

Dunia Optimasi mengatakan...

Johnson Manurung, sama-sama Bos, apalagi saudara pasti lebih berbobot dari saya hehe, salam sahabat.

Dunia Optimasi mengatakan...

suryarahadianto, sama-sama ya, indahnya berbagi ilmu, sip sobat terimakasih juga.

Dunia Optimasi mengatakan...

awandragon, saya juga menyukai artikel-artikel anda, o iya semoga bermanfaat ya, salam sahabat.

Dunia Optimasi mengatakan...

amcied, sebenernya itu yang saya buat hasil ingkasannya, jika anda mau lebih rinci silahkan daftar saja untuk mencoba webmaster google, salam sahabat.

Anonim mengatakan...

waw artikelnya lengkap banget makasih sobat, jadi lebih tahu tentang webmaster google,,

oh iya mo ngasih tahu sob, kalo blog sobat dapat penghargaan selengkapnya bisa kunjungi Naughtyric Blog's Thanks :)

Dunia Optimasi mengatakan...

naughtyric, lebih lengkap lagi silahkan saja kawan langsung kunjungi situs resminya untuk mempelajari lebih lanjut, klau yang saya buat hanya ringkasan saja, mudah-mudahan mudah untuk dimengerti untuk semua pengunjung yang membacanya, o iya penghargaan apa tuh Bos bisa saja bercandanya, saya blog masih baru banget baru 12 hari hehe, oke deh bos terimakasih komentarnya, salam sahabat.

Unknown mengatakan...

Well.. lengkap banget
sekalian kasih info.. link sudah terpasang juga :)

Dunia Optimasi mengatakan...

Admin, terimakasih juga Bos sama-sama, semoga bermanfaat untuk saudara, o iya terimakasih juga infonya ya, salam sahabat.

Joy Dany mengatakan...

Informasi penambah wawasan yang sangat berguna, Pak. Terima kasih banyak.

Salam kenal dan sehat selalu...

Dunia Optimasi mengatakan...

JOY, sama-sama sahabat dan terus semangat belajar, o iya salam kenal juga dan semoga anda juga vit selalu, salam sahabat.

Anonim mengatakan...

datang untuk follow sobat...

bhotol mengatakan...

sore gan ..
aduh mantap neh artiklenya
sedot dulu ah ... :)
http://adf.ly/qJuy

Dunia Optimasi mengatakan...

fadLy, terimakasih ya, o iya silahkan baca-baca artikel saya ya, semoga ada manfaatnya untuk anda.

Dunia Optimasi mengatakan...

bhotol, sip bos silahkan dicoba semoga berhasil optimasi dengan google webmaster, salam sahabat.

Unknown mengatakan...

Salam sahabat
Maaf telat
Optimasi dengan webmaster sanfat tepat apalagi dengan akun yang dimiliki untuk mendapqtkan hadil yang maksimal terima kasih ya

Dunia Optimasi mengatakan...

Mbak Dhana, sama-sama saya juga berterimakasih, o iya webmaster memang perlu untuk situs, karena dengan webmaster kita dapat mengetahui sejauh mana situs kita berkembang. salam sahabat.

Unknown mengatakan...

aku sudah mencobanya tapi belum berhasil mengisi sitemap

Dunia Optimasi mengatakan...

Desktop Komputer, untuk mengisis sitemap itu apa ada bebarapa pilihan, diantaranya pertama yaitu sitemap defaul anda, atau pilihan dari feed burner, jika anda gagal coba perbaiki setingan disitus anda, atau dihapus saja yang diweb master ganti dengan pilihan yang lainnya, contoh yang saya masukan di sitemap punyaku, diantaranya,
/atom.xml, /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500, /feeds/posts/default, /rss.xml. nahh empat yang saya simpan diweb master semuanya sukses, coba deh anda coba lagi, jika anda hanya sukses 1 atau 2 ya ga apa-apa, sebenernya satu sitemup juga sudah bagus, yang penting sitemmap anda sudah tersimpan di webbaster, sehingga anda tidak perlu yang namanya ping lagi. karena web master itu bekerja secara otomatis dan cukup teliti. oke sahabat, terimakasih ya komentarnya.

Unknown mengatakan...

makasih sahabat
sedang dan masih mencoba lagi webmaster ini

Dunia Optimasi mengatakan...

Desktop Komputer, sip sahabat coba lagi aja, o iya saat anda ingin menyimpannya, otomatis anda hanya perlu menambah terusan setelah domain anda, contoh domia anda garis miring akhir domain seperti ini / lalu tambahkan untuk sitemap, contoh /atom.xml oke sobat thanks ya.

Unknown mengatakan...

sayapun mempraktekannya,,

nice posting,,, :)

Dunia Optimasi mengatakan...

I-ZONES, wah hebat anda pasti sudah terbiasa menggunakan webmaster ya, oke sip bos thanks ya komentarnya.

Anonim mengatakan...

info yang sangat membantu

Dunia Optimasi mengatakan...

C - W, terimakasih sobat, salam ukhuwah ya.

assyafieq mengatakan...

mantap nian nih infonya...sampai detil gitu...thanks sob...

Dunia Optimasi mengatakan...

assyafieq, iya sahabat, indahnya berbagi ilmu, bagi pemilik situs bahwa webmaster itu sangat penting, o iya terimakasih dan salam sahabat.

Unknown mengatakan...

Makasih sobat, tapi cara ngapus LINK ERROR gimana ya? soalnya kalo aq ngepost langsung ada di google dan pernah diapus gitu

Dunia Optimasi mengatakan...

Awandragon, jika saudara ingn menghaspus link yang eror, di google webmaster sudah menyediakan tool pengahapusan, apa direktorinya saja atau seluruh URL berikut cache, maka link internal yang aktif tidak boleh aktif hasrus dihilangkan terlebih dahulu. oke sahabat terimakasih ya komentarnya.

Unknown mengatakan...

pengen coba,tapi satu pun aku ga ngerti,,kegunaan sebenarnya untuk apa seh??maklum mas,,masih newbie banget neh,,cuman pngen2 nyoba aja apa itu web master,,ditunggu balasan koemntarnya ya,,,

Unknown mengatakan...

Keren tp bingung..
hi..hi..

Kolom Lyrics mengatakan...

penjelasan yang sangat detail....

makasi.....

Dunia Optimasi mengatakan...

menjelma, Google Webmaster tools adalah sebuah alat bantu berupa layanan web service gratis dari google untuk membantu Anda meningkatkan performa website Anda, dengan menggunakan Google webmaster tools memungkinkan para webmaster untuk memeriksa status peng-indexan dan mengoptimalkan visibilitas website nya di mata search engine google, sehingga diharapkan website nya akan memiliki hasil yang baik di hasil pencarian search engine dan fungsinya sangat baik untuk situs yang kita kelola.

freestyler, sama saya juga masih terus mempelajarinya, jadi intinya kita harus terus semangat belajar.

jgdjagtm mengatakan...

wahh top markotop. komplitt gan. nice share :) hehe

Salman mengatakan...

Waw... Super kumplit sekali kang Andri :) bagus-bagus. Insya Allah ini akan sangat beranfaat untuk para pengguna blog baru, Insya Allah akan saya referensikan.

Klik Menarik mengatakan...

Mantep nih Informasinya...
Thx ya.
jadi Terbantu nih
http://klikmenarik.blogspot.com

Dunia Optimasi mengatakan...

nC, sama sama bos, jika ada kesalahan tulisan mohon maaf dan saya akan selalu mengecek dan memperbaiki pada setiap artikel.

Dunia Optimasi mengatakan...

kang salman, terimakasih banyak kang, sebenarnya masih banyak yang harus saya tambahkan, namun saya buat sesingkat mungkin agar lebih mudah dipahami, salam ukhuwah sahabat.

Dunia Optimasi mengatakan...

Muhammad YuZuf, alhamdulillah, semoga bermanfaat untuk saudara, salam ukhuwah dan mampir lagi jika tidak ada kesibukan.

Unknown mengatakan...

makasih atas informasinya ... saya masih harus banyak belajar

YOUSHE mengatakan...

wah artikel yang menarik untuk saya pelajari. semoga artikel ini bisa menjadi bimbingan buat saya

Anda boleh mempublikasikan tulisan kami dengan catatan : 1. Wajib mencantumkan sumber kami dengan LINK AKTIF yang menuju HALAMAN INI. 2. Tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan. Termasuk SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mengcopy artikel kami tanpa memberi link aktif berarti mengambil hak milik penulis. Hak cipta dilindungi oleh Undang-Undang.
 
Template by Dunia Optimasi .
Template Name : Simple Optimasi | sedang pengembangan