2 Desember 2011

Optimasi Kapasitas Jaringan CDMA


Solusi Optimasi kapasitas udara antarmuka jaringan CDMA." Pedoman untuk optimasi kapasitas untuk setiap jaringan CDMA (800MHz, 1.9GHz, IS-95A / B, IS2000). Saya akan membahas perencanaan kapasitas, kendala perangkat keras, masalah optimasi RF yang mengurangi kapasitas, dan multi-operator menyeimbangkan lalu lintas.

Perencanaan Kapasitas

Langkah pertama dan paling penting dalam optimasi kapasitas dimulai dengan perencanaan kapasitas. Mengetahui di mana dan bagaimana pelanggan akan menggunakan ponsel CDMA adalah bagian utama dari desain Jaringan CDMA yang baik. Pertanyaan-pertanyaan yang perlu ditanyakan selama desain adalah; berapa banyak pelanggan akan mengakses jaringan, berapa persen dari pelanggan ini akan mobilitas tinggi, berapa persen akan mobilitas rendah atau tetap, apa persentase lalu lintas diharapkan akan berasal dari dalam ruangan penggunaan, dan akhirnya, berapa persen akan mengambil keuntungan dari layanan data.


Pentingnya mengenai hal ini mungkin tidak terlihat, sehingga sebagai contoh, mari kita lihat perbedaan dalam kapasitas antara jaringan mobilitas tinggi dan mobilitas rendah atau jaringan tetap. Nilai kemampuan khas untuk jaringan mobilitas tinggi sekitar 25 Erlangs / sektor / pembawa, atau 35 pengguna / sektor / pembawa, dengan asumsi GOS 1%. Untuk mobilitas rendah atau jaringan tetap, kapasitas meningkat menjadi sekitar 38 Erlangs / sektor / pembawa, atau 50 pengguna / sektor / pembawa. Ada kira-kira 50% peningkatan dalam kapasitas Erlangs untuk mobilitas rendah atau jaringan tetap. Peningkatan kapasitas terkait dengan faktor Sho jauh lebih rendah dalam mobilitas rendah atau jaringan tetap.

Jika desain didasarkan pada 38 Erlangs / sektor / pembawa, tetapi daerah yang dicakup adalah area mobilitas tinggi, jaringan di daerah ini tidak akan memiliki cukup kapasitas untuk memenuhi permintaan pelanggan. Sebaliknya, jika desain didasarkan pada 25 Erlangs / sektor / pembawa, tetapi daerah yang dicakup adalah mobilitas rendah atau daerah tetap, jaringan akan lebih dari-ditetapkan dan uang akan menjadi sia-sia.

Jika desain yang dihasilkan di bawah-ditetapkan jaringan di daerah-daerah tertentu, hanya ada tiga metode untuk menambah kapasitas tambahan ke daerah tersebut; menambahkan kartu saluran elemen ke stasiun basis yang sudah ada, menambahkan BTS baru, dan menambahkan operator tambahan untuk stasiun basis yang sudah ada.

Kendala hardware

Air-Interface kapasitas dalam sistem CDMA dibatasi oleh dua nilai; jumlah elemen saluran yang tersedia dan jumlah daya yang tersedia saluran lalu lintas ke depan. Meskipun benar, ada faktor-faktor yang membatasi kapasitas lain, seperti kode Walsh yang tersedia, memblokir sebagian besar terjadi karena kurangnya sumber daya atau kekuatan elemen saluran kanal forward trafik. Jadi, kita akan membatasi pembahasan kita ini.

Dengan asumsi daya saluran lalu lintas terbatas ke depan, jumlah originasi / pengakhiran yang dapat dibuat pada base station dibatasi oleh jumlah elemen saluran dan faktor Sho. Jika faktor Sho (yang merupakan jumlah rata-rata CE / pelanggan per / / panggil) adalah 1, maka jumlah originasi / pengakhiran tersedia akan sama dengan jumlah elemen saluran ditetapkan pada base station. Dengan meningkatnya faktor Sho, jumlah originasi / pengakhiran tersedia menurun berdasarkan jumlah yang sama elemen saluran yang tersedia.

Dengan asumsi sumber daya saluran elemen terbatas, jumlah originasi / pengakhiran yang dapat dibuat pada sektor / pembawa didasarkan pada jumlah saluran lalu lintas ke depan daya yang diperlukan untuk setiap panggilan. Dengan asumsi setiap originasi / terminasi memerlukan jumlah yang sama daya saluran lalu lintas ke depan, jumlah originasi / pengakhiran yang tersedia akan menjadi daya saluran lalu lintas ke depan tersedia dibagi dengan daya saluran lalu lintas ke depan diperlukan untuk setiap originasi / terminasi.

Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan kapasitas udara antarmuka, kita harus menemukan cara untuk mengurangi faktor Sho dan mengurangi jumlah saluran lalu lintas kekuasaan ke depan diperlukan oleh setiap pelanggan.

Faktor Sho

Faktor Sho didefinisikan sebagai jumlah rata-rata sumber daya elemen saluran yang digunakan oleh pelanggan selama panggilan. Untuk non-sistem CDMA, faktor Sho akan selalu sama dengan 1, karena hanya satu sumber daya saluran dapat digunakan pada satu waktu. Untuk sistem CDMA, kemampuan untuk menerima dan decode sinyal multipath secara bersamaan menambah ketahanan dari jaringan CDMA. Vendor peralatan paling merekomendasikan faktor Sho dari 2,0-2,2. Faktor Sho dalam kisaran ini akan memberikan manfaat handoff lembut, tanpa membuang unsur-unsur saluran.

Teruskan Lalu Lintas Saluran Listrik

Lalu lintas keseluruhan daya saluran maju yang tersedia didefinisikan sebagai keseluruhan daya PA digunakan sampai dengan biaya overhead, di mana overhead termasuk pilot, paging, dan saluran sinkron. Jumlah keseluruhan daya saluran lalu lintas ke depan sehingga dapat ditingkatkan dengan mengurangi daya yang digunakan oleh saluran overhead.

Jumlah rata-rata saluran lalu lintas kekuasaan ke depan bahwa pelanggan tunggal menggunakan didasarkan pada lingkungan RF pada waktu panggilan. Jika lingkungan RF pada saat panggilan berisi suara yang signifikan, jumlah lalu lintas rata-rata kekuatan saluran yang digunakan akan meningkat. Oleh karena itu, untuk mengurangi jumlah rata-rata saluran lalu lintas listrik yang digunakan oleh pelanggan ke depan, kita harus mengoptimalkan lingkungan RF dengan metode seperti analisis tetangga daftar dan kontrol cakupan.

Mengoptimalkan Kapasitas

Ada beberapa metode optimasi yang digunakan untuk mengurangi faktor Sho dan lalu lintas ke depan daya saluran per pelanggan, yang pada gilirannya, akan meningkatkan kapasitas jaringan. Yang pertama dan paling penting adalah cakupan kontrol dan tuning daftar tetangga. Sebagai contoh sektor referensi dan sektor tetangganya. Karena sebagian besar vendor perlengkapan dan ponsel hanya mendukung 20 tetangga, kita akan berasumsi bahwa ada 20 tetangga dalam daftar tetangga sektor referensi itu. Mari kita juga berasumsi bahwa PSMMs (Pesan Kekuatan Percontohan Pengukuran) digunakan untuk menentukan 20 tetangga atas untuk sektor referensi.

Ada enam tetangga prioritas tinggi, yang didefinisikan sebagai sektor-sektor yang berbagi batas cakupan alami dengan sektor referensi, enam tetangga lapis kedua yang dianggap dapat diterima, dua kemungkinan tetangga tingkat ketiga, dan enam tetangga yang lima atau lebih tingkatan jauh dari referensi sektor. Ini adalah skenario khas untuk jaringan yang memiliki sedikit atau tidak ada cakupan dilakukan optimasi kontrol, atau di mana kontrol cakupan dibatasi oleh persyaratan untuk menyediakan jangkauan dalam ruangan menggunakan BTS outdoor.

Dari pengalaman, skenario ini menghasilkan faktor Sho dari 3,2-3,5, yang 45% sampai 75% lebih tinggi dari faktor Sho direkomendasikan. Apakah ini berarti bahwa 45% sampai 75% sumber daya saluran tambahan elemen yang sedang digunakan hanya untuk menangani lalu lintas handoff lembut. Jika faktor Sho dapat dikurangi dengan nilai yang direkomendasikan, elemen-elemen saluran akan tersedia untuk originasi dan pengakhiran, sehingga meningkatkan kapasitas jaringan.

Skenario ini juga menghasilkan daya rata-rata saluran lalu lintas yang lebih tinggi ke depan per pelanggan. Jika ponsel di area cakupan sektor referensi berasal atau berakhir panggilan pada salah satu tetangga Buruk (ditampilkan dalam warna merah), jumlah daya lalu lintas saluran yang diperlukan untuk mempertahankan Eb pada / Tidak dan FER target untuk ini jauh-jauh meningkat ponsel. Suara tambahan yang dihasilkan oleh jauh-jauh mobile di area jangkauan tetangga yang buruk juga memaksa panggilan aktif dalam cakupan area tetangga yang buruk untuk meningkatkan kekuatan, sehingga mengurangi lalu lintas saluran daya yang tersedia ke depan dan kapasitas.

Untuk mengatasi kedua masalah ini (tinggi Sho faktor dan lalu lintas saluran daya tinggi maju per pelanggan), kontrol cakupan sangat penting. Membatasi cakupan sektor untuk daerah cakupan yang dirancang mereka akan memungkinkan untuk pengurangan daftar tetangga, dan dengan demikian faktor Sho, serta mengurangi kejadian skenario jauh-jauh mobile. Kontrol cakupan digunakan untuk mengoptimalkan kapasitas juga memberikan manfaat tambahan, seperti mengurangi polusi percontohan, mengurangi menjatuhkan panggilan karena waktu pencarian yang berlebihan untuk daftar tetangga yang besar, dan mengurangi kegagalan akses dan retries halaman karena Io berlebihan.

Selain itu, terkait dengan pengurangan faktor Sho, beberapa vendor telah menerapkan parameter yang membantu untuk mengurangi faktor Sho, dengan secara efektif mengubah parameter handoff berdasarkan jumlah PNs set aktif. Sebagai contoh, mari kita asumsikan bahwa T_ADD khas (-14dB) dan T_DROP (-16dB) nilai-nilai yang digunakan dalam jaringan. Ketika PN tetangga melebihi T_ADD, maka akan ditambahkan ke set aktif, dan ketika sebuah PN yang aktif turun di bawah T_DROP, akan dihapus dari set aktif. Dengan menggunakan parameter pengurangan Sho, PN tambahan pertama yang ditambahkan ke set aktif akan didasarkan pada nilai-nilai T_ADD dan T_DROP normal, karena kita tidak ingin benar-benar menghambat Sho. Ingat, faktor sasaran Sho adalah sekitar 2,0-2,2.

Untuk kedua melalui PNs tambahan kelima yang ditambahkan ke set aktif, nilai offset ditambahkan ke T_ADD awal dan nilai-nilai T_DROP, sehingga semakin sulit bagi tetangga yang akan ditambahkan ke set aktif. Kami tidak ingin mengatur ini terlalu tinggi offset, jika tidak, baik energi RF akan sia-sia. Mengingat T_ADD awal dan nilai-nilai dari-14dB T_DROP dan-16dB, jika kita menambahkan sebuah offset dari 1dB per langkah, PN tambahan kelima akan ditambahkan ke set aktif akan diperlukan untuk memenuhi nilai T_ADD dari-10dB. Setelah ditambahkan, yang aktif pertama PN untuk turun di bawah nilai T_DROP of-12dB akan dihapus.

Metode penyaringan calon PNs jauh lebih unggul untuk modifikasi T_ADD dan T_DROP langsung. Jika T_ADD dan T_DROP telah diubah secara langsung, mari kita berkata kepada-10dB dan 12dB-, sebagian besar energi RF yang berguna akan sia-sia. Dengan hanya membuat lebih sulit bagi dua atau lebih PNs tambahan, RF energi tidak terbuang, dan hanya para tetangga kualitas tertinggi ditambahkan ke set aktif.

Menyeimbangkan lalu lintas

Menyeimbangkan lalu lintas, secara umum, jarang menambah kapasitas untuk jaringan. Memang, bagaimanapun, menyediakan untuk penggunaan yang lebih efisien dari kapasitas yang ada. Lebih efisien penggunaan kapasitas yang ada berarti Erlangs lebih dilakukan dan pendapatan lebih per sektor, dengan tidak ada pengeluaran untuk peralatan baru. Ada dua jenis menyeimbangkan lalu lintas. Yang pertama adalah menyeimbangkan lalu lintas antara sektor di daerah tertentu. Yang kedua adalah menyeimbangkan lalu lintas di beberapa operator. Pertama, kita akan melihat lalu lintas menyeimbangkan antara sektor yang berbeda di daerah tertentu. Gambar berikut menunjukkan tiga BTS dengan sektor-sektor yang berbagi batas cakupan. Mari kita berasumsi bahwa pada awalnya, semua sektor adalah setup identik (antena yang sama, downtilt yang sama, dan daya overhead yang sama).

Mari kita kemudian berasumsi bahwa BTS3, sektor gamma mengalami memblokir tinggi karena hotspot lalu lintas dalam cakupan sektor. Dengan asumsi BTS1, alfa sektor dan BTS2, sektor beta tidak menghalangi, beberapa langkah dapat diambil untuk lebih merata mendistribusikan lalu lintas dari hotspot di antara tiga sektor yang meliputi daerah tersebut. Pertama, mengurangi cakupan BTS3, sektor gamma dengan melakukan salah satu atau kedua hal berikut; peningkatan downtilt antena, penurunan daya overhead. Kedua, meningkatkan cakupan BTS1, alfa sektor dan BTS2, sektor beta dengan melakukan salah satu atau kedua hal berikut: mengurangi downtilt antena, meningkatkan daya overhead. Selain itu, jika cakupan dari sektor lain memungkinkan, perubahan azimut dapat dibuat untuk BTS1, alfa sektor dan BTS2, sektor beta untuk menempatkan hotspot lalu lintas di balok utama antena mereka, sehingga mengurangi perubahan downtilt dan / atau perubahan daya overhead.

Penting untuk dicatat bahwa mengurangi cakupan BTS3, sektor gamma oleh menurunnya daya overhead yang tidak mempengaruhi kapasitas sektor ini, dalam dua cara. Pertama, dengan mengurangi area cakupan, jumlah pelanggan yang dicakup oleh sektor ini akan berkurang. Kedua, mengurangi daya overhead yang memungkinkan lebih banyak kekuatan PA untuk digunakan untuk saluran lalu lintas ke depan.

Namun, untuk BTS1, alfa sektor dan BTS2, beta sektor, meningkatkan cakupan dengan kekuatan atas kepala meningkatkan juga memiliki dua kapasitas untuk mempengaruhi pada sektor ini. Pertama, dengan kekuatan biaya overhead meningkat, cakupan sektor tersebut diperpanjang, sehingga mencakup lebih banyak pelanggan. Kedua, dengan meningkatkan daya overhead, akan ada pengurangan daya saluran lalu lintas secara keseluruhan ke depan tersedia.

Jadi, meskipun kita meningkatkan kapasitas lalu lintas secara keseluruhan BTS3, sektor gamma, kita menurunkan kapasitas keseluruhan BTS1, alfa sektor dan BTS2, sektor beta. Tapi, karena lalu lintas hotspot sekarang ditutupi oleh ketiga sektor, kita bisa mengharapkan pengurangan atau penghapusan memblokir, dan dengan demikian peningkatan Erlangs dilakukan.

Perawatan harus diambil ketika menyesuaikan cakupan sektor untuk menyeimbangkan lalu lintas. Beberapa minggu data jam sibuk, serta data test drive untuk daerah sekitarnya harus terakhir sebelum memutuskan mana sektor dapat membeli pengurangan kapasitas untuk memperbaiki kekurangan kapasitas pada sektor lain dan jika mengubah jejak cakupan dari setiap sektor akan menciptakan masalah non-kapasitas terkait, seperti lubang cakupan.

Multi-Operator Lalu Lintas Menyeimbangkan

Ada tiga metode lalu lintas balancing di beberapa operator, hashing, pengalihan layanan global, dan algoritma lintas Cerdas atau adaptif. Semua tiga metode menyeimbangkan lalu lintas, jika setup dengan benar, membantu untuk meningkatkan kapasitas jaringan. Jika multi-carrier lalu lintas tidak seimbang, dan memblokir terjadi pada pembawa, meskipun ada kelebihan kapasitas pada operator lain, ini kelebihan kapasitas yang terbuang, dan dengan demikian kapasitas jaringan berkurang. Untuk diskusi ini, kita akan berbicara tentang jaringan dengan operator kedua ditempatkan di daerah tertentu. Tapi, apakah kita berbicara tentang jaringan dengan operator 2, 3, atau 4, metode lalu lintas menyeimbangkan tetap sama. Gambar berikut menunjukkan sebuah pulau f1/f2 cakupan, dikelilingi oleh liputan hanya f1.

Fungsi IS-95 Hash mendistribusikan lalu lintas modus siaga merata diantara beberapa operator. Ini adalah yang paling mudah dari semua metode lalu lintas distribusi untuk melaksanakan, karena merupakan fungsi sistem yang luas tanpa parameter settable. Ketika terjadi handoff ponsel dalam modus siaga (di f1) untuk sektor f1/f2, mobile akan menerima Daftar Pesan Channel pada saluran paging baru yang mengandung dua frekuensi. Fungsi hash membuat keputusan (fungsi distribusi aneh / bahkan) berdasarkan nomor IMSI mobile, yang menghasilkan hasil 50/50 untuk ponsel baik tinggal di f1 atau pindah ke f2. Oleh karena itu, jika semua ponsel yang menganggur ketika memasuki wilayah f1/f2, atau jika operator yang sama dikerahkan di seluruh seluruh jaringan, metode distribusi lalu lintas akan menghasilkan memuat bahkan antara f1 dan f2.

Tetapi karena jarang pembawa tambahan dikerahkan di seluruh jaringan (setidaknya pada awalnya), dan tidak ada jaminan bahwa semua ponsel akan menganggur ketika berpindah dari area cakupan f1 hanya untuk beberapa operator area, lalu lintas tidak akan didistribusikan secara merata . Jika ponsel berasal atau berakhir panggilan di daerah cakupan f1 saja, dan kemudian bergerak ke daerah cakupan f1/f2, panggilan tersebut akan tetap di f1. Jadi, f1 akan selalu membawa lalu lintas lebih dari f2. Jika cakupan area f1/f2 cukup besar dan jangka waktu panggilan yang singkat, mempengaruhi ketidakseimbangan ini mungkin diabaikan. Tapi, jika area cakupan f1/f2 kecil dan jangka waktu panggilan yang lama, mempengaruhi ketidakseimbangan ini bisa menjadi ekstrim.

Layanan Redirection global (GSR) juga melakukan distribusi lalu lintas dalam modus siaga saja, tetapi penyedia layanan memberikan lebih banyak fleksibilitas terkait untuk menyeimbangkan lalu lintas antara operator. Pertama, daripada menggunakan distribusi ganjil / genap, GSR menggunakan Kelas Akses overload dari ponsel untuk menentukan carrier. Kelebihan Kelas Akses telepon ditentukan oleh digit terakhir dari MIN, sehingga menghasilkan pemerataan kelas dari 0-9. Ada enam kelas tambahan (AF atau 10-15), yang digunakan untuk ponsel tujuan khusus, seperti telepon uji. Kedua, GSR adalah setup pada basis sektor per, yang memungkinkan penyedia layanan untuk mengatur lalu lintas skema distribusi yang berbeda di seluruh wilayah cakupan f1/f2, berdasarkan pola lalu lintas yang sebenarnya.

Untuk account untuk non-idle ponsel memasuki area f1/f2 dari daerah hanya f1, GSR dapat setup untuk mendistribusikan persentase yang lebih tinggi lalu lintas idle untuk f2. Jika sebelumnya, fungsi Hash yang dihasilkan suatu distribusi 70% f2 f1/30% dari lalu lintas, GSR dapat setup untuk langsung 80% (atau 8 kelas overload) untuk f2, dan hanya 20% (atau 2 kelas overload) untuk f1, sehingga menangkal efek dari ponsel memasuki area cakupan f1/f2 sudah dalam mode percakapan. Dalam contoh ini, persentase sebenarnya dari lalu lintas yang akan diarahkan ke f2 untuk melawan rasio 70% f2 f1/30% adalah 84%, tapi karena kita tidak dapat menetapkan kelas 8,4 overload untuk operator tertentu, kita harus puas dengan 80% .

Selain itu, dengan GSR, jika ponsel yang diarahkan untuk menggunakan operator yang berbeda pada sektor tertentu, tetapi tidak ada sumber daya yang tersedia untuk operator itu, atau pembawa sementara off udara, penyedia layanan dapat mengatur parameter di GSR untuk memungkinkan ponsel untuk kembali ke pembawa asli. Dengan fungsi Hash saja, ponsel dalam situasi yang sama terus menerus akan berusaha untuk kembali-sync pada operator diarahkan meskipun mungkin mati udara, atau terus-menerus akan memiliki originasi atau terminasi diblokir sampai elemen saluran sumber daya listrik ke depan menjadi tersedia di sektor itu.

Algoritma cerdas lalu lintas atau adaptif distribusi, daripada menggunakan metode statistik (IMSI atau ACCOLC) untuk mendistribusikan lalu lintas, menggunakan keadaan jaringan untuk menentukan bagaimana lalu lintas harus didistribusikan. Jenis distribusi lalu lintas telah diimplementasikan pada peralatan vendor yang paling.

Biasanya, sebuah algoritma adaptif lalu lintas distribusi akan menggunakan nilai berikut untuk menentukan operator yang terbaik untuk originasi baru atau terminasi: Sumber Daya Elemen Saluran Tersedia, Kode Walsh Sumber Daya Tersedia, dan Lalu Lintas Daya Saluran Teruskan Tersedia. Algoritma ini menggunakan nilai-nilai untuk memperkirakan kapasitas pembawa sebelum menambahkan koneksi baru. Algoritma Perkiraan kapasitas pada operator tambahan, biasanya dalam urutan yang ditentukan oleh penyedia layanan (Prioritas Carrier). Jika salah satu operator lainnya diperkirakan memiliki kapasitas yang tersedia, koneksi baru akan diarahkan ke operator itu.

Pada berbagai peralatan vendor, ada pilihan yang tersedia untuk algoritma distribusi lalu lintas adaptif yang menentukan bagaimana algoritma memilih carrier. Beberapa pilihan yang tersedia, kemampuan untuk memilih urutan pembawa diuji oleh algoritma, kemampuan untuk memaksa algoritma untuk mencoba untuk menjaga originasi dan pengakhiran pada operator awal mereka, bahkan jika beban menjadi tidak seimbang (untuk mengurangi kegagalan akses karena perubahan frekuensi), dan kemampuan untuk menetapkan ambang kapasitas buatan untuk carrier - kapasitas pembawa, seperti yang terlihat oleh algoritma akan kapasitas diperkirakan minus ambang kapasitas - ini menyebabkan algoritma untuk memilih operator lain pertama, sampai semua operator diperkirakan memiliki kapasitas yang sama, maka algoritma akan mendistribusikan lalu lintas sama antara operator. Begitulah hasil uji aau analisa yang baik dan mudah bila kita mau menerapkannya dengan baik agar kinerja lebih maksimal untuk perkembangan kedepannya, terimakasih dan salam sukses untuk semua pembaca.

9 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih banyak infonya Gan,saya jadi tahu paktor sho dalam optimasi BTS ataupun jaringan CDMA.

KOMUNITAS OEJOENG mengatakan...

Terus terang sy awam ttg ini, tapi thanks atas share informasinya seputar optimasi jaringan CDMA. sukses gan..

Candra mengatakan...

hadir sobb.,

ditunggu kunjunganya.,

klo bisa di follow yahh

Unknown mengatakan...

gan link kamu sudah saya pasang.. plis link back ya...

Unknown mengatakan...

nice post...info yg menarik...CDMA...bagaimana dengan GPRS....diantara keduanya mana yg lebih efektif teknologinya?

Penghuni 60 mengatakan...

busyeet deh, nulisnya gak capek sob, panjang bgt, makasih atas info bermanfaat ini, aku jg punya hape CDMA.

oya, ada award spesial utkmu mohon diambil ya

Outbound di kebun teh mengatakan...

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Leadership Developmant Training mengatakan...

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Anonim mengatakan...

ih aku makin baca ko makin gak mudeng ya... tak simpen aja dulu...

Anda boleh mempublikasikan tulisan kami dengan catatan : 1. Wajib mencantumkan sumber kami dengan LINK AKTIF yang menuju HALAMAN INI. 2. Tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan. Termasuk SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mengcopy artikel kami tanpa memberi link aktif berarti mengambil hak milik penulis. Hak cipta dilindungi oleh Undang-Undang.
 
Template by Dunia Optimasi .
Template Name : Simple Optimasi | sedang pengembangan