12 Maret 2011

Tips Terbaik Optimasi kinerja Apache Server

Mengoptimasikan performa sebagian besar server Apache Anda dapat membuat perbedaan dalam cara fungsi situs Web Anda dan kesan itu membuat. Bahkan fraksi soal kedua, terutama di situs dinamis. saya akan jelaskan cara  mengukur dan meningkatkan kinerja apache server, Apache dirancang untuk menjadi secepat mungkin. Sangat mudah, dengan mesinbertenaga cukup rendah, untuk sepenuhnya jenuh link low-end internet dengan sedikit usaha. Namun, seperti situs menjadi lebih kompleks dan kebutuhan bandwidth yang berbeda meningkatkan koneksi jenis, mendapatkan performa terbaik dari instalasi Apache dan situs Web menjadi lebih penting.

Meningkatkan kinerja tak ada artinya jika perubahan dicapai adalah keuntungan hanya kecil. Pengeluaran jam atau bahkan berhari-hari halus tuning server hanya beberapa persen adalah buang-buang waktu. Langkah pertama, oleh karena itu, adalah untuk menentukan seberapa cepat server berjalan dan tingkat kinerja umum sehingga anda bisa mengetahui bagaimana untuk meningkatkan kinerja dan mengukur perubahan.

Apache Server Host Hardware

Mesin dan lingkungan sistem operasi di mana Apache berjalan mempunyai pengaruh yang paling. Jelas, sebuah PC 386 berbasis tua tidak akan memiliki kinerja yang sama sebagai P4 baru atau model dual-prosesor, namun Anda dapat melakukan perbaikan lainnya. Menghindari, untuk saat ini, perubahan perangkat keras, hal terbesar yang dapat Anda lakukan adalah memastikan Apache berjalan pada dedicated server. Hidup berdampingan dengan aplikasi lain akan mempengaruhi kinerja server Web.

Pada kebanyakan situasi, tetapi terutama dengan situs statis, jumlah RAM merupakan faktor penting karena akan mempengaruhi berapa banyak informasi cache Apache bisa. Semakin banyak informasi yang dapat di-cache, yang kurang Apache sangat tergantung pada proses relatif lambat membuka dan membaca dari sebuah file di disk. Jika situs sebagian besar bergantung pada file statis, pertimbangkan untuk menggunakan mod_cache itu, jika banyak RAM yang tersedia, pertimbangkan mod_mem_cache.

Informasi cache disk, yang membuat perbedaan yang signifikan jika situs tersebut bergantung pada mod_include untuk membangun halaman karena cache versi final. Dengan mod_mem_cache, informasi yang disimpan dalam tumpukan memori bersama oleh semua proses Apache.

Menggunakan disk cepat atau, lebih baik lagi, Redundant Array of Inexpensive Disk (RAID) solusi dalam salah satu mode striping (misalnya, RAID 0, 0 +1, 5, 10, atau 50) akan meningkatkan kecepatan akses secara keseluruhan file. Dari segi hardware, power CPU dapat memiliki dampak pada situs dinamis dengan tambahan overhead mengeksekusi aplikasi untuk setiap halaman diakses. Berat halaman dinamis memiliki kebutuhan CPU yang lebih tinggi.

Apache Server Host Lingkungan

Terlepas dari sistem operasi, prinsip-prinsip optimasi berikut berlaku :

Simpan aplikasi latar belakang lain untuk minimum. Jika benar-benar serius untuk kinerja, ini bahkan harus mencakup latar belakang beberapa proses bahwa beberapa akan mempertimbangkan nya. Sebagai contoh, di Unix, matikan NFS, setiap jasa percetakan, dan bahkan sendmail jika tidak diperlukan. untuk Windows, gunakan panel sistem kontrol untuk mengoptimalkan sistem untuk aplikasidan system cache, dan mengoptimalkan sistem kinerja.Setiap aplikasi yang diperlukan atau layanan, seperti MySQL masih berjalan.

Hindari menggunakan sistem tersebut. Jika Anda memulai kompilasi aplikasi, filemengedit, atau menggunakan mesin, Anda akan mengurangi kinerja Web-nya untuk melayani. Jika anda harus mengedit komponen atau menginstal perangkat lunak, membangun atau mengedit komponen pada mesin lain dan menyalinnya. Sistem anda tetap up-to-date. Meskipun ide yang baik hanya dari sudut pandang keamanan, software patch dan update dapat melakukan perbaikan yang signifikan untuk jaringan dan performa I / O.

Aplikasi Apache Server

Kemudian, tentu saja, ada aplikasi Apache itu sendiri.

Pertama, memastikan dibangun dengan benar dengan hanya modul dan ekstensi yang dibutuhkan untuk situs Web Anda. Ini berarti, misalnya, Anda dapat mengabaikan modul penulisan ulang jika tidak diperlukan. Manfaat utama dari ini adalah pengurangan overhead memori, tetapi manfaat sisi yang sangat baik adalah bahwa Anda tidak bisa sengaja mengaktifkan pilihan ini dan karenanya menurunkan kinerja server.

Dinamis vs Statis
Fleksibilitas adalah perhatian utama dari administrator Apache sebagian besar, tapi fleksibilitas memiliki biaya. Menggunakan modul dinamis dimuat dalam Apache adalah kenyamanan, tetapi menggunakan mereka dapat menghasilkan hit kinerja, karena kode tersebut dimuat ketika modul diperlukan. Modul dinamis juga memiliki keuntungan untuk membantu menjaga persyaratan memori bawah.

Untuk membangun dalam mode statis, gunakan skrip configure dan menentukan modul yang Anda inginkan, tetapi tidak menetapkan mereka sebagai bersama (misalnya, gunakan - enable-rewrite tidak - enable-rewrite = bersama, atau menggunakan pilihan bersama - enable-begitu.

Konfigurasi Modul
Jika Anda menggunakan konfigurasi statis dari Apache, pilih modul yang ingin menggabungkan dengan hati-hati. Menggunakan mode statis pada harga - modul lebih, semakin banyak memori yang Anda gunakan. Dengan demikian, sebuah modul multi-processing cagak dapat memiliki pengaruh yang signifikan pada kebutuhan memori mesin.

Perhatikan bahwa beberapa item secara otomatis disertakan, jadi Anda perlu secara eksplisit mengaktifkan dan menonaktifkan modul yang dibutuhkan. Juga ingat untuk menyertakan modul pihak ketiga (misalnya, otentikasi, PHP, atau mod_perl), layanan Web memerlukan. Gunakan configure - help untuk mendapatkan daftar pilihan yang tersedia.

Apache Server Konfigurasi
Setelah lingkungan Anda sudah diatur dan Anda aplikasi Apache dioptimasikan, saatnya untuk mulai mencari di file konfigurasi untuk trik optimasi lebih lanjut. Cara yang baik untuk memulai adalah dengan hanya membersihkan file sehingga arahan terbatas pada beberapa ratus, yang dicapai dengan hanya mengeluarkan komentar.Di luar ini, menjadi kasus menghapus elemen yang tidak perlu atau mereka yang gagal untuk memberikan manfaat yang cukup.

Menyederhanakan File Konfigurasi
Langkah pertama untuk optimasi harus penyederhanaan dari file konfigurasi. Tidak akan memiliki peningkatan langsung pada kinerja, tetapi akan membuat file konfigurasi lebih mudah digunakan dan karena itu membuat Anda cenderung kehilangan arahan atau komponen yang perlu memodifikasi.

Jika Anda melakukan apapun optimasi, mulailah dengan salah satu file-file konfigurasi default, karena biasanya tersedia dalam direktori konfigurasi Apache sebagai httpd.conf.orig atau httpd-std.conf. Jangan tergoda untuk menggunakan berkas-std.conf kinerja tinggi; dalam jangka panjang itu tidak benar-benar berguna seperti yang Anda pikir setelah mulai menambahkan sejumlah besar informasi konfigurasi tambahan. Di sisi lain, jika server yang sangat cepat Web statis adalah tujuan, ini mungkin adalah cara termudah untuk mendapatkan sesuatu dan berjalan.

Jika Anda tahu Anda direktif konfigurasi Apache, atau rela melihat dokumentasi, langkah tercepat dan paling efektif adalah dengan menghapus semua komentar dari berkas konfigurasi, karena mereka sering mengurangi dari arahan yang sebenarnya. Anda juga dapat menghapus referensi ke sistem MPM tidak digunakan pada platform yang dipilih.

Menonaktifkan Komponen dan Sistem
Sekarang kita sudah mendapat kembali dan disederhanakan untuk filekonfigurasi, oke deh kita dapat mulai menghilangkan elemen konfigurasi untuk sistem tidak digunakan. Secara khusus:

HostnameLookups menambahkan overhead untuk setiap permintaan dengan meminta DNS lookup pada klien, pertama sebaliknya untuk menemukan nama dari alamat IP, dan kemudian mencari untuk memastikan informasi yang tidak palsu. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menonaktifkan ini. Jika Anda secara teratur memproses log, gunakan pengolahan pasca untuk menentukan informasi. Untukl ookup menonaktifkan, termasuk HostnameLookups direktif berikut off.

Link simbolik, ketika diaktifkan, akan memastikan cek Apache setiap permintaanuntuk melihat apakah sebuah link simbolik yang terlibat dalam permintaan. Akan adasatu panggilan ke lstat () system call untuk setiap direktori yang permintaan tersebutberkaitan. Kecuali Anda memiliki kebutuhan untuk link simbolik, matikan denganmenggunakan: Pilihan-FollowSymLinks

Server status dan info, meski sangat berguna ketika pengujian dan memonitor server anda, membuat overhead tambahan untuk server web. Menonaktifkannya dengan mencari setiap arahan SetHandler server-status, dan, jika mungkin, menghapus moduldari Apache ketika Anda mengkonfigurasi aplikasi selama membangun. Wildcard dan fleksibel pilihan umumnya harus dihindari jika Anda bisa lebih eksplisit.Sebagai contoh, perintah DirectoryIndex, secara eksplisit menentukan daftar file yang akan dikonfigurasi, selalu daftar pilihan yang paling mungkin pertama.

CGI eksekusi harus dilakukan kecuali Anda memiliki alasan yang baik untuk tidak melakukannya. Letakkan semua file CGI ke dalam satu direktori dan mengkonfigurasinya untuk eksekusi CGI. Hal ini mencegah Apache dari mencoba untuk menentukan apakah permintaan sebenarnya untuk komponen CGI atau file statis.

Nonaktifkan Log
Menulis informasi log adalah sebuah proses yang memakan waktu. Meskipun Apache menyimpan file-file log terbuka sehingga hanya kasus menulis informasi, hal ini dapat memakan waktu yang berharga. Jika informasi log menyimpan tidak diperlukan, Anda dapat menyimpan beberapa siklus prosesor dengan menonaktifkan itu. Untuk melakukannya, cukup komentar baris log di file konfigurasi. Jika Anda memutuskan untuk menjaga log, HostnameLookups menonaktifkan (lihat di atas) dan pastikan Anda menyalin informasi log on ke komputer lain untuk mengurai file untuk analisis.

Menyederhanakan Direktori tingkat Konfigurasi
File-file htaccess. Adalah cara yang sangat berguna memperluas parameter dikonfigurasi dari server Apache  tanpa harus mengedit file konfigurasi utama setiap kali ingin mengubah sesuatu. Masalahnya adalah bahwa penggunaan file htaccess. juga memperlambat server. Apakah file htaccess, berikan tindakan mengurai dan proses unsur-unsur sebelum akhirnya menerapkan konfigurasi ke direktori yang bersangkutan. Lebih buruk lagi, Apache harus menentukan informasi ini tidak hanya untuk direktori saat ini, tetapi juga untuk setiap direktori yang lama dan kemudian harus membuat perubahan berdasarkan isi dari semua file.

Jika Anda ingin performa untuk optimasi, maka kita harus menonaktifkan penggunaan file htaccess. Setiap konfigurasi direktori tertentu bisa masuk file konfigurasi utama dimana bisa diurai satu kali oleh Apache ketika server dimulai.

Untuk menonaktifkan. Htaccess tambahkan direktif AllowOverride Kosong untuk semua bagian .

MPM Konfigurasi

Modul Multi-Processing (MPM) adalah apa yang memungkinkan sebuah platform khusus untuk menangani koneksi bersamaan ganda. MPM modul yang spesifik platform. Solusi yang tersedia untuk bekerja secara khusus dengan Unix, Windows, BeOS, dan NetWare. Untuk beberapa platform lebih dari satu alternatif yang tersedia. Untuk kebanyakan pengguna, konfigurasi default untuk lingkungan tertentu berfungsi dengan baik, terutama ketika mendapatkan parameter yang tepat yang benar bisa menjadi tugas yang memakan waktu dalam dan dari dirinya sendiri. Dengan perbandingan, banyak teknik yang sudah dijelaskan dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik, tetapi ketika Anda ingin memeras performa maksimal dari server Anda, Anda harus menyesuaikan konfigurasinya.

Dalam kebanyakan platform hanya MPM tersedia, di bawah Unix ada dua pilihan, prefork dan pekerja. The MPM prefork garpu dari sejumlah proses Apache identik, sedangkan pekerja menciptakan beberapa thread. Secara umum, prefork lebih baik pada sistem dengan satu atau dua prosesor mana sistem operasi yang lebih terarah untuk mengiris waktu antara beberapa proses. Pada sistem dengan jumlah yang lebih tinggi CPU model threading mungkin akan lebih efektif. Hampir semua kasus, perintah MaxClients adalah yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja server, karena kontrol yang jumlah maksimum koneksi simultan Apache ynag bisa mengatasinya.

Mengoptimasi Komponen Statis

Jika situs Web Anda menggunakan banyak komponen statis, atau jika sudah memisahkan unsur-unsur statis dan dinamis di dua atau lebih Web server, maka tujuan utama harus meningkatkan waktu respon untuk Apache mengirimkan kembali informasi yang diminta. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan modul mod_cache. Anda pun dapat menggunakan hal ini dengan mod_disk_cache dan mod_mem_cache untuk memberikan cache berbasis disk dan memori berbasis file statis. Check out dokumentasi Apache pada modul mod_cache untuk informasi lebih lanjut.

Mengoptimasikan Komponen Dinamis

Komponen dinamis mungkin komponen yang paling melemahnya dari Web server. komponen dinamis, terutama jika Anda menggunakan CGI, dapat menambahkan detik untuk waktu respon hanya untuk memuat dan menjalankan sebuah aplikasi sederhana. Sebuah pilihan sistem yang lebih dapat ditemukan di mod_perl, PHP, dan Python, dan antar muka Jakarta untuk Java.

Keuntungan utama dari solusi berbasis script adalah bahwa mereka menanamkan interpreter ke dalam executable Apache, yang menghilangkan masalah loading awal dengan skrip dinamis. Beberapa akan bahkan cache skrip diurai sehingga waktu itu hanya perlu memintanya untuk dieksekusi.

Konfigurasi dapat menjadi kompleks dan mendapatkan sistem yang tepat benar dapat memakan waktu. Beberapa solusi juga tidak bekerja cukup sebagai salah satu harapkan dengan virtual host, dan Anda hanya  perlu mengubah script tertentu untuk mengambil keuntungan penuh dari perangkat tambahan kecepatan yang ditawarkan.

Perbaikan, namun, bisa signifikan, dengan sebanyak 70 persen dari waktu eksekusi yang terlempar dari sebuah skrip Perl hanya dengan menggunakan mod_perl sebagai pengganti CGI. Dengan bekerja bahkan lebih, solusi ini juga memungkinkan Anda untuk tetap koneksi persistent terbuka untuk database atau untuk informasi cache antara permintaan. Ini bagus untuk situs e-commerce dan juga untuk mengurangi biaya overhead dari dinyatakan memuat informasi antara permintaan.

Oke dari semua penjelasan saya, saya kan menyimpulkan semua itu. Meskipun Apache sangat dapat dikonfigurasi dan aplikasi yang relatif kompleks, menarik untuk dicatat bahwa standar instalasi Apache benar-benar mencapai tingkat yang sangat tinggi kinerja. Satu area di mana Anda dapat dengan mudah dan secara signifikan meningkatkan kinerja adalah dengan parameter tuning. Sayangnya, seringkali komponen memiliki kendali paling atas didalam Apache - elemen yang dinamis dan skrip CGI, misalnya  orang-orang yang memiliki dampak terbesar pada kinerja. Monitor server Apache khas dan Anda akan melihat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk Apache untuk menjawab sambungan dan mengirim data kembali berada dalam kisaran milidetik, tetapi menunggu sumber data untuk dapat mengambil detik.

Ini bukan untuk mengatakan optimasi yang saya jelaskan sia-sia, namun. Selama satu hari ini mili detik disimpan bisa menambahkan. Lebih penting adalah bahwa meskipun membersihkan dan menyederhanakan konfigurasi Apache akan berbuat lebih banyak untuk mengurangi overhead administrasi dari setiap kali Anda mungkin akan menyelamatkan ketika melayani informasi. oke teriamakasih yang sudah membaca Tips Terbaik Optimasi Kinerja Apache Server semoga bermanfaat untuk Anda.

8 komentar:

Desktop Komputer mengatakan...

Apache itu aku kok belum mengerti

Dunia Optimasi mengatakan...

desktop komputer, Apache adalah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya). Selain itu, Apache juga diartikan sebagai suatu web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari. Kesimpulan ini bisa didapatkan dari jumlah pengguna yang jauh melebihi para pesaingnya. mungkin itu penjelasan singkat yang bisa saya jelaskan untuk Anda. salam sahabat.

Achmad Izzuddin mengatakan...

wah keren banget artikelnya ........!!!

Dunia Optimasi mengatakan...

Mas AChmad bis asaja mujinya hehe jadi nih, o iya semoga bermanfaat. salam sahabat.

amcied mengatakan...

thank's info, wah lumayan nambah referensi baru lg ni..hehee (lg banyak tgs kampus)

Dunia Optimasi mengatakan...

amcied, o iya teriakasih juga dan terus tetap semangat belajar untuk masa depan. salam sahabat.

Klopototolia-TJ mengatakan...

mantap mas artikelnya, kalau mau download AppServ nih lihat

Dunia Optimasi mengatakan...

Klopototolia-TJ, terimakasih banyak bos sudah saling berbagi.

Anda boleh mempublikasikan tulisan kami dengan catatan : 1. Wajib mencantumkan sumber kami dengan LINK AKTIF yang menuju HALAMAN INI. 2. Tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan. Termasuk SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mengcopy artikel kami tanpa memberi link aktif berarti mengambil hak milik penulis. Hak cipta dilindungi oleh Undang-Undang.
 
Template by Dunia Optimasi .
Template Name : Simple Optimasi | sedang pengembangan